KUB Tani Gempita Berhidroponik di Rumah Dinas Mendagri


KUB TANI GEMPITA (Karawang) - Beberapa anak muda yang terhimpun dalam sebagai anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tani Gempita tengah sibuk memotong pipa dan melobanginya di komplek rumah dinas Mendagri (Menteri Dalam Negeri).

"Kami sedang membuatkan kebun hidroponik di rumah dinas Mendagri, diminta sama ibu menteri untuk keperluan produksi skala rumahan." (24/1/18, Rabu) demikian ujar Cep Kamal yang mengomandoi proyek pengerjaan kebun tersebut.

Sederet pipa pvc ditata berundak menjadi instalasi hidroponik dengan aliran air di dalam pvc tersebut. Proyek tersebut memang bukan program kerja utama KUB, berdasarkan keterangan Cep Kamal, ia menambahkan "Hidroponik memang bukan sektor usaha utama KUB yang memang dibentuk untuk tujuan usaha pangan strategis yang berkoordinasi langsung dengan lembaga pemerintah. 

KUB Tani Gempita


Tapi kami harus terus hidup, membangun organisasi, mengembangkan usaha, mensejahterakan anggota. Saya rasa berhidroponik ini bagus juga untuk dikembangkan sebagai bagian dari usaha KUB. Intinya KUB ini tidak perlu dibatasi, selama berada di jalur pertanian ya silakan saja."

Rencananya proyek tersebut akan berjalan selama 30 hari sesuai kontrak kerja, "Kami akan standny di sini selama satu bulan secara bergilir, pemasangan instalasi kebun mungkin hanya 3-5 hari, sisanya untuk pendampingan dan maintenance, kami dikontrak sampai panen di sini." Demikian pungkas Cep Kamal sembari melanjutkan berhiroponik.

No comments

Powered by Blogger.